Jumat, 02 Maret 2012

Menulis


Menulis Suatu Kebutuhan Manusia
Menulis adalah suatu aktivitas sosial. Ini merupakan salah satu kegiatan yang harus dikuasai bagi seorang guru terlebih lagi guru bahasa Indonesia. Walaupun begitu, masih banyak guru bahasa Indonesia tidak mempunyai keahlian dalam bidang menulis. Untuk mengobati penyakit menulis seperti ini, tentu bukanlah suatu pekerjaan yang mudah dan memerlukan proses yang sangat panjang. Apalagi untuk menghilangkan penyakit malas menulis perlu kesadaran diri sendiri terlebih dahulu untuk memulainya.
Orang yang tak terbiasa melakukannya, menulis adalah suatu kegiatan yang paling sulit dan terkesan membingungkan. Apalagi bagi orang yang belum pernah melakukannya, tentu ia lebih suka mendengarkan musik, melihat acara televisi favoritnya, nongkrong, atau hanya sekedar melihat karya-karya orang lain ketimbang harus capek-capek menulis. Namun, bagi orang yang bercita-cita menjadi seorang penulis, menulis adalah suatu kegiatan yang harus terus dilakukan. Jika ia bingung mau menulis apa atau tidak mempunyai ide, maka ia segera merefresh otaknya agar bisa secepatnya menulis lagi. Menulis adalah suatu kebanggaan, karena lewat tulisannya penulis bisa mengubah pola pikiran seseorang menjadi lebih berbudaya. Seorang penulis juga berjasa karena bisa memperkenalkan pendapatnya mengenai sesuatu pada para pembacanya
Tentu menjadi seorang penulis hebat ada kuncinya. Rahasianya adalah dengan membaca. Sebenarnya untuk mulai menulis harus ada komitmen pada diri sendiri dan yakin kalau kita bisa untuk melakukannya. Namun, banyak orang takut untuk mulai menulis, karena ia merasa tidak mempunyai keahlian atau bakat dalam bidang tersebut. Sebenarnya ketakutan itu tidak beralasan dan terlihat seperti mengada-ada. Seharusnya keberanian dalam diri sendiri harus dibangun dan menjadikan menulis sebagai kebutuhan seperti halnya makan atau minum. Apabila kita menganggap menulis itu suatu kebutuhan, maka kalau kita tidak menulis akan merasa “lapar” dan seperti ada sesuatu yang kurang.
Sesungguhnya kegiatan menulis berguna untuk mengekspresikan butir-butir pemikiran, ide-ide atau gagasan untuk menjadi inspirasi para pembacanya. Menulis juga bisa digunakan sebagai terapi jiwa semacam pelepasan. Banyak orang yang berbagi masalah (curhat) dengan buku diarinya dan akhirnya tulisannya tersebut bisa memberikan pencerahan. Manfaat yang paling utama dari menulis adalah adanya rasa puas dan kebanggaan dalam hati sehingga selalu membuat kita awet muda, karena otak dan pikirannya selalu bekerja dan bermanfaat bagi orang. Khairunnas anfahum linnas- manusia yang baik adalah yang bermanfaat bagi orang lain.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar