BAB I
A.
Latar
Belakang
Dalam dunia pendidikan,
aktivitas membaca merupakan suatu hal yang tidak bisa ditinggalkan. Hal ini
dikarenakan sebagian besar pemerolehan ilmu dilakukan peserta didik melalui
aktivitas membaca. Apabila dikaitkan dengan program pendidikan di sekolah,
kegiatan membaca memegang peranan yang sangat penting. Kemampuan membaca
merupakan faktor utama yang ikut menentukan prestasi belajar (Harjasujana,
1988: 21).
Carter dalam
(Wiryodijoyo, 1989: 1) menyatakan bahwa membaca adalah sebuah proses berpikir,
yang termasuk di dalamnya mengartikan, menafsirkan arti, dan menerapkan ide-ide
dari lambang. Proses membaca secara keseluruhan melibatkan berbagai aspek seperti
pengalaman, pengetahuan, kemampuan bahasa, keadaan psikologis, dan emosional.
Kemampuan membaca cepat merupakan
keterampilan memilih isi bacaan yang harus dibaca sesuai dengan tujuan yang ada
relevansinya dengan pembaca tanpa membuang-buang waktu untuk menekuni
bagian-bagian lain yang tidak diperlukan. Kegiatan membaca terdapat
berbagai ragam teknik membaca. Pemilihan teknik membaca tersebut bergantung
pada kondisi bacaan dan tujuan membaca. Ada dua macam teknik membaca cepat
yaitu membaca skimming dan scanning. Membaca skimming merupakan kegiatan membaca dengan tujuan menemukan ide pokok
dari suatu bacaan. Sedangkan membaca scanning merupakan kegiatan membaca yang bertujuan mencari informasi yang
diperlukan saja.
Dalam pembelajaran
skimming maupun scanning, kebiasaan buruk peserta didik yang melihat kembali
bacaan yang telah dibacanya ketika menjawab pertanyaan sering saja terjadi.
Peserta didik sering tergoda untuk membaca ulang (melompat mundur) untuk
memastikan apakah benar-benar telah melihat atau memahami kata yang telah
dibaca. Rendahnya kemampuan membaca cepat peserta didik di antaranya disebabkan
oleh kurangnya berlatih membaca dan kurang menguasai strategi membaca yang
efektif dan efisien.
B.
Rumusan
Masalah
Berdasarkan
latar belakang di atas, ada dua masalah yang akan dibahas dalam makalah ini.
1.
Bagaimana penerapan pembelajaran membaca
skimming di sekolah?
2. Bagaimana
penerapan pembelajaran membaca scanning di sekolah?
C.
Tujuan
Ada
dua tujuan yang ingin dicapai dalam makalah ini.
1.
Mendeskripsikan penerapan pembelajaran
membaca skimming di sekolah.
2.
Mendeskripsikan penerapan pembelajaran
membaca scanning di sekolah.
BAB II
PEMBAHASAN
Belajar merupakan suatu
kegiatan yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia. Kegiatan belajar
dapat dilakukan dengan membaca buku teks atau buku ajar. Anderson (dalam
Wiryodijoyo, 1989: 1) menyatakan bahwa membaca adalah proses membentuk arti
dari teks-teks tertulis. Proses membaca sebagai proses perubahan bentuk lambang
atau tanda menjadi ke bentuk makna, dan mereka yang tidak bisa mengubah bentuk
lambang atau tanda menjadi bentuk makna, maka mereka itu tidak mampu membaca
(Suhendar, 1993 : 135). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan
membaca tidak cukup hanya dengan memahami apa yang tertuang dalam tulisan saja,
tetapi juga dianggap sebagai suatu proses memahami sesuatu yang tersirat dalam
yang tersurat (tulisan).
Nurhadi (2005: 39)
menyatakan bahwa membaca cepat adalah membaca yang mengutamakan kecepatan
dengan tidak mengabaikan pemahamannya. Biasanya kecepatan itu dikaitkan dengan
tujuan membaca, keperluan, dan bahan bacaan. Artinya, seorang pembaca cepat
yang baik, tidak menerapkan kecepatan membacanya secara konstan di berbagai
cuaca dan keadaan membaca. Dengan demikian, penerapan kemampuan membaca cepat
itu disesuaikan dengan tujuan membacanya, aspek bacaan yang digali (keperluan)
dan berat ringannya bahan bacaan.
Ada dua macam teknik
membaca cepat, yaitu teknik skimming dan scanning. Skimming dan scanning
merupakan teknik membaca cepat yang sangat bermanfaat bagi orang-orang
yang dihadapkan pada banyak literatur, sementara hanya ada sedikit waktu untuk
mencari informasi yang dibutuhkan. Sering terjadi kesalahan ketika membedakan
antara membaca skimming dan scanning.
Keduanya merupakan teknik membaca cepat, hanya saja berbeda tujuan penggunaan.
1.
Skimming
Skimming
adalah tindakan untuk mengambil intisari atau saripati dari suatu hal
(Soedarso, 1999: 88). Banyak yang mengartikan skimming sebagai sekedar menyapu halaman, sedangkan
pengertian yang sebenarnya adalah suatu keterampilan membaca yang diatur secara
sistematis untuk mendapatkan hasil yang efisien, untuk berbagai tujuan, seperti
hal berikut:
a.
mengenali topik bacaan
b.
mengetahui pendapat orang (opini)
c.
mendapatkan bagian penting yang kita perlukan tanpa
membaca seluruhnya
d.
mengetahui organisasi penulisan, urutan ide pokok dan
cara semua itu disusun dalam kesatuan pikiran dan mencari hubungan antarbagian
bacaan itu
e.
penyegaran yang pernah dibaca
Skimming
dilakukan dengan cara membaca judul bab, subbab, dan beberapa alinea pertama
dalam setiap bab-nya. Fungsi membaca skimming yaitu mendapatkan ide utama
tentang topik bacaan, bukan detailnya. Jadi, skimming dapat dikatakan berhasil
jika pembaca bisa mendapatkan ide pokok dan bisa membayangkan apa yang dibahas
dalam keseluruhan isi buku secara umum. Karena
skimming berguna untuk mendapatkan gambaran umum suatu bahan bacaan, maka perlu
koordinasi yang baik ketika melakukan skimming dengan otak yang aktif bertanya,
menganalisa, membandingkan, serta membuat kesimpulan.
Tujuan dari membaca skimming bukan untuk
mengetahui organisasi karangan sehingga memudahkan membacanya kemudian, melainkan
untuk mengumpulkan dan mempelajari lebih banyak isi yang penting-penting dari
sebuah tulisan, pikiran pokok, dan tujuan penulis. Wiryodijoyo (1989: 92-93)
menyatakan bahwa ada lima langkah dalam membaca skimming.
a.
Baca judul
b.
Catat nama penulis dan sumber tulisan.
c.
Baca seluruhnya paragraf pertama.
d.
Baca subjudul dan kalimat pertama dari paragraf
sisanya.
e.
Baca dan pilihlah:
1)
pikiran pokok dan pikiran penunjang;
2)
kata-kata petunjuk seperti nama, tanggal, sifat-sifat
jadi persyaratan;
3)
kata-kata petunjuk dari penulis;
4)
urutan nomor, huruf tebal, tanda panah, asterisk dan
sebagainya.
Gerakan
mata dalam membaca skimming dilakukan dengan menggerakkan mata di baris-baris
pertama yang mengandung ide pokok dari paragraf, kemudian melompat dan berhenti
di beberapa fakta, detail tertentu yang penting yang menunjang ide pokok.
Apabila kita membaca suatu topik yang menjadi perhatian kita, detail dan ide
pokok itu seperti dengan sendirinya menjadi perhatian kita, mudah kita kenali.
Contoh
Gerakan Mata dalam Skimming
Biasanya
paragraf pertama perlu dibaca dengan kecepatan rata-rata. Paragraf pertama
umumnya berisi pengantar atau ringkasan tentang bahan yang akan dibicarakan. Kadang-kadang
paragraf kedua berisi pengantar atau pendahuluan. Sedang paragraf pertama
mungkin hanya untuk pemanasan, dan digunakan oleh pengarangnya untuk menarik
perhatian pembaca.
Membaca
paragraf ketiga mungkin tidak perlu tetapi ... ... ... ... .. ... ... ... ...
... ... .. ... ... ... .... ... ... .... ... ... ... ... ide pokok biasanya ada
di kalimat pembuka ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
... ... .... ... ... ... .. .. .. .. .. . .. ...kalimat topik ... .... ....
.... .... .... ... ... ... ... ... .. ... ... ... ... ... .. ... .. .. .. .. ..
.. .. . ... .. ... .. .. . ... . .. . .. .. ... ..
Selain
dari kalimat pertama terkadang pembaca perlu mencari detail di bagian lain
dalam paragraf ... ... ... ... .. ... ... ... ... .. .... .... ... ... ... ..
.... .. ... ... ... ... ... .. .. .. ... . ... ... ... .. ... ... ... ... ...
.. .. ..nama ... ... ... ... .. ... ... ... ... .. .. .. ... .. .. .. .... ....
... ... ... ... tanggal .... ... .. ... .... ... ... ... ... ... ... ... .. ...
... ... ... ... ... .... .... .... .... ... ... ... ... ... ... ... ... .. ...
.. .. ... ini tidak ada isinya... ... ... ... ... .. ... .. ... .. ... .. ...
... ... .. .. .. .... ..... .... ... .... .... ... .. ... ... ... .. .. ....
... ... .... .. .... ... .. .. .. ... ... ... ... ... ... ... .. ... .. ... ...
.. .. kadang-kadang ide pokok berada di tengah atau di akhir paragraf.
Beberapa
paragraf ada yang mengulang ide-ide ... ... .. ... ... ... ... ... ... ... ...
.. ... .. ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ... ...
Jika ide pokok tidak bisa ditemukan di kalimat pertama, maka seluruh paragraf perlu dibaca.
Jika ide pokok tidak bisa ditemukan di kalimat pertama, maka seluruh paragraf perlu dibaca.
Kemudian
lompati beberapa paragraf ... ... ... ... ... ... ... ... .. .. .. .. .. .. ..
... ... .. .. .. ... .. .. untuk menghemat waktu ... ... ... ... ... ... ... ..
.. ... ... .. .. ... ... .. .. .. .. ... .. .. .. .. ... ... .. .. .. ... .. ..
.. .. .. .. .. .. .... ....... ... ... .. ... ... ... ... ... ... ingat anda
harus tetap cepat .... ... ... ... ... ... .. ... ... ... .. ... ... ... ... ..
... ... ... ... ... ... .. ... ... ... ... ... ..800 kpm ... ... ... ... .. ...
.. ... .. .. ... .. ... ... ... ... .. .. .. .. .. ... .. ... ... ... ... ...
.. .. ... ..
Jangan
takut melompati setengah atau lebih dari masing-masing paragraf ... ... ... ...
... .. .. .. ... ... .. .. ... .. .. .. .. .. .. .. .. ... .. .. .. . ......
.... .. ...
Jangan mulai tertarik dan membaca semuanya ..... ...... ..... ... ... .. .. .. .. ... .. ... .. .. .. .. .. .. . .. . .. . ... . .. . ... ... . .. .. . ... .. .. .. .. . .. .. .. . .. . .. .. .skimming adalah berat. ........ ........ ... .... ... . . ... ... ... ... ... ... ... .. .. ... ... .. ... .. ... .. ... ... ... ... .. .. .. .. .. ... .. .. .. .. .
Pemahaman memang terendah, ... ... ... ... .. .. .... ... .. .. .. .. .. ... . .. .. .. .. ..50% ... .. ... .. .. .. ... .. ... .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. . .. tidak terlalu rendah ... ... .. .. .. .. .. .. ... .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. . .. .. .
Jangan mulai tertarik dan membaca semuanya ..... ...... ..... ... ... .. .. .. .. ... .. ... .. .. .. .. .. .. . .. . .. . ... . .. . ... ... . .. .. . ... .. .. .. .. . .. .. .. . .. . .. .. .skimming adalah berat. ........ ........ ... .... ... . . ... ... ... ... ... ... ... .. .. ... ... .. ... .. ... .. ... ... ... ... .. .. .. .. .. ... .. .. .. .. .
Pemahaman memang terendah, ... ... ... ... .. .. .... ... .. .. .. .. .. ... . .. .. .. .. ..50% ... .. ... .. .. .. ... .. ... .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. . .. tidak terlalu rendah ... ... .. .. .. .. .. .. ... .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. .. . .. .. .
Dengan
skimming membaca menjadi lebih mudah ....... ..... ... ... .. .. .. .. .. .. ..
.. .. .. .. .. . .. . . .. . . .. .. .. .. .. .. .. ... ... .. .. .... ... ...
... ... ... ... ... ... ... ... .. menambah kepercayaan .. ... ... ... ... ..
... ... ... ... .. .. ... ... ... ... .. ... ... ... .. ... .. .. .. ... .. ..
... ... .. .. ... ... .. .. ... .. .. .. ... ... .. ... .. ... ... ...
Mungkin
anda tidak mendapatkan apa-apa di beberapa paragraf .. ... ... ... .. .. .. ..
.. ... .. ... .. .. .. .. ... .. .. .. .. .. . ... ... ... ... ... ... ... ..
.. .. .. .. .. .. .. .. .. .. jangan gelisah .... ... .. .. .. .. .. .. .. ..
.. .. ... .. .. .. .. .. .. . .. .. .. .. .. .. . .. .. .... . Skimming banyak
gunanya .... ........ ..... ... ..... ..... .. .. ..... ..... .. ....... ....
... .. .laporan .... .... ... .. .. .. .. .. surat kabar ... ... . .. ... ...
... .. suplemen.
Dua
paragraf akhir perlu dibaca semua dengan seksama karena seringkali berisi
ringkasan. Ingat pentingnya skimming adalah mendapatkan hanya ide pokok penulis
dengan kecepatan yang tinggi.
Sumber: Edward (dalam Soedarso, 1999:
87).
Contoh
Penerapan membaca skimming.
Bacalah
artikel tersebut untuk menemukan pikiran pokok dan hal-hal yang Anda anggap
penting dalam bacaan tersebut! (Waktu 30 detik).
Lemari
Es Ternyata Bukanlah Tempat Menyimpan Makanan yang Aman
Pendinginan
tidak membunuh bakteri, hanya memperlambat pertumbuhan organisme dan proses
respirasi sayuran serta buah-buahan. Lemari es memang tidak bebas bakteri dan
jamur. Salah-salah malah bisa jadi sarangnya, bila terlalu padat sehingga
pendinginan tidak efektif. Namun pembekuan di bawah -32 derajat C memusnahkan
parasit seperti Trichinela spiralis.
Tanpa pembungkusan yang baik, pembekuan menghasilkan dehidrasi (perubahan warna
dan rasa). Perubahan warna dan rasa buah bisa dicegah dengan penambahan vitamin
C.
Pada
bagian paling dingin, ayam beku mentah tahan 12 bulan, tapi ayam goreng hanya
tahan 4 bulan, sedangkan daging sapi dan babi tahan 3-6 bulan. Buah-buahan yang
mengandung banyak air tidak memuaskan bila disimpan lama. Sayur-sayuran bisa
direbus sejenak sebelum dimasukkan ke dalam lemari es, untuk menghentikan
aktivitas enzyme. Sayuran segar
harus berada dalam kantung berlubang, untuk memungkinkan udara mengalir dengan
baik. Umumnya sayuran tahan lima hari.
Makanan
masak berbeda-beda, tetapi yang berkuah umumnya tidak lebih dari 4-5 hari.
Jangan lupa untuk menyimpannya dalam tempat tertutup, karena kelembaban akan
mengurangi kerja pendinginan.
(Sumber: Wiryodijoyo, 1989: 93)
Jawablah
pertanyaan berikut tanpa melihat bacaan lagi!
1) Manfaat
pendinginan di almari es ialah:
a. membunuh
semua bakteri
b. memusnahkan
jamur
c. memperlambat
pertumbuhan bakteri
d. mengawetkan
makanan
2) Pendinginan
sampai -32 derajat C berakibat:
a. merusakkan
buah dalam lemari es
b. menyebabkan
perubahan warna buah
c. menyebabkan
rasa buah tidak enak
d. memusnahkan
parasit
3) Dehidrasi
dalam lemari es dapat dicegah dengan:
a. merebus
sayuran/buah sebentar
b. membungkus
sayuran/buah
c. mencucinya
dengan air garam
d. mencucinya
bersih-bersih
4) Ayam
beku dapat tahan 12 bulan dalam almari es bila:
a. diberi
air garam
b. dibalik
sekali seminggu
c. ditaruh
di bagian yang terdingin
d. direbus
lebih dahulu
5) Makanan
bisa tahan paling lama di almari es:
a. tiga
hari
b. empat
hari
c. lima
hari
d. enam
hari
2.
Scanning
Scanning
adalah suatu teknik membaca untuk mendapatkan suatu informasi tanpa membaca
yang lain-lain jadi langsung ke masalah yang dicari, yaitu fakta khusus dan
informasi tertentu (Soedarso, 1999: 89). Dalam kehidupan sehari-hari, membaca scanning
ini dilakukan untuk mencari nomor telepon, mencari kata dalam kamus, mencari entri
pada indeks, mencari angka statistik, melihat jadwal siaran televisi atau acara
siaran televisi, dan melihat jadwal perjalanan.
Langkah-langkah membaca scanning adalah
sebagai berikut.
a. Pertanyakan
dulu, “Apa yang akan kita cari atau kita perlukan dari buku ini?”.
b. Dengan
bantuan daftar isi atau kata pengantar, carilah kemungkinan bahwa informasi
yang Anda butuhkan itu ada dalam buku tersebut.
c. Dengan penuh
perhatian, coba telusuri dengan kecepatan tinggi setiap baris bacaan.
d. Berhentilah
ketika Anda merasa menemukan kalimat atau judul yang menunjuk pada apa yang
Anda cari.
e. Bacalah
dengan kecepatan normal, dan pahami dengan baik apa yang Anda cari itu.
Pada
waktu melakukan latihan scanning, guru
harus menegaskan bahwa kegiatan membaca harus berjalan dengan cepat sambil
mempertimbangkan bahwa yang dibaca itu merupakan bagian penting atau bukan,
mencari kata-kata kunci atau kalimat-kalimat kunci yang menyatakan informasi
yang ingin diketahui, bagian-bagian yang dianggap tidak berhubungan tidak perlu
dibaca secara cermat.
Scanning Prosa
Scanning prosa maksudnya adalah mencari informasi topik
tertentu dalam suatu bacaan, yaitu dengan mencari letak di bagian mana dari
tulisan itu yang memuat informasi yang dibutuhkan. Caranya adalah sebagai
berikut.
1.
Anda mesti mengetahui kata-kata kunci yang
menjadi petunjuk.
2.
Kenali organisasi tulisan dan struktur
tulisan, untuk memperkirakan letak jawaban. Lihat juga gambar, grafik,
ilustrasi, tabel, tentunya kalau ada hubungannya maka ada di dekatnya. Coba
cari juga lewat daftar isi dan indeks.
3.
Gerakan mata secara sistematik dan cepat:
a.
seperti anak panah, langsung ke tengah
meluncur ke bawah,
b.
dengan cara pola-S atau zigzag
4.
Setelah menemukan tempatnya, lambatkan
kecepatan membaca untuk meyakinkan kebenaran apa yang Anda cari.
Scanning Kata di Kamus
Sementara membaca, jangan terlalu cepat
melihat kamus apabila menemui kata sulit, karena selain mengganggu konsentrasi
juga memperlambat membaca. Sedapat mungkin dikaitkan dalam konteks yang ada,
tetapi apabila kata itu sangat vital untuk paragraf yang bersangkutan, dan
ternyata sulit untuk ditemukan dalam konteks, maka tidak ada salahnya dilihat
dalam kamus. Ada enam hal yang perlu diperhatikan dalam melihat kata dalam
kamus.
a.
perhatikan
ejaan kata itu dengan seksama
b.
Perhatikan
cara pengucapannya, panjang pendeknya, dan aksennya
c.
Perhatikan
juga etimologinya
d.
Jangan
terlalu cepat memilih suatu pengertian
e.
Perhatikan
contoh kalimat
f.
Untuk
segera menemukan, perhatikan petunjuk halaman yang ada di setiap halaman.
Contoh Scanning Kata di Kamus.
1.
Cari
arti dari kata manunggal, dan sebutkan pula di halaman berapa kata tersebut
tertulis!
2.
Cari
arti dari kata idul fitri, dan sebutkan pula di halaman berapa kata tersebut
tertulis!
3.
Cari
arti dari kata zaman, dan sebutkan pula di halaman berapa kata tersebut
tertulis!
4.
Cari
arti dari kata rumah, dan sebutkan pula di halaman berapa kata tersebut
tertulis!
5.
Cari
arti dari kata fosil, dan sebutkan pula di halaman berapa kata tersebut
tertulis!
Scanning Acara Televisi
Program siaran disusun untuk memenuhi selera
orang banyak dengan multi tujuan. Oleh karena itu, besar kemungkinan acara yang
tidak menjadi favorit Anda bisa jadi disukai orang lain. Banyaknya acara
pribadi dan juga karena adanya kegemaran tertentu, maka setiap hari orang
menentukan pilihan untuk menonton acara tertentu. Setiap hari orang memilih,
sehingga setiap hari surat kabar memuat beragam acara televisi di hari
tersebut. Ada beberapa cara dalam melatih scanning untuk memilih acara
televisi.
a.
Perhatikan
sekilas terlebih dahulu strukturnya: acara disusun per hari, pinggir kiri
merupakan jam siaran, dan sebelah kanannya nama acara dan perinciannya.
b.
Baca
tiap pertanyaan dan temukan jawabannya di daftar itu, tulis jawabannya di
daftar itu, tulis jawaban yang benar di ruangan yang disediakan.
c.
Kerjakan
secepat-cepatnya, ukurlah waktu pengerjaannya.
d.
Gunakanlah
clue.
Contoh Penerapan Scanning Acara Televisi
1.
Topik Petang disiarkan mulai pukul berapa?
Di stasiun televisi mana itu disiarkan?
2.
Pada jam 20.00 di stasiun televisi Trans 7
disiarkan acara apa?
3.
Anda penggemar acara Kick Andi? Jam berapa
acara tersebut disiarkan?
4.
Pada jam 14.30 di stasiun televisi mana
yang menyiarkan acara Hand Made?
5.
Apakah Anda penggila sinetron? Sinetron
Anugerah disiarkan mulai pukul berapa dan di stasiun televisi mana acara
tersebut ditayangkan?
BAB
III
PENUTUP
Kesimpulan
Belajar
merupakan suatu kegiatan yang tidak dapat terpisahkan dari kehidupan manusia.
Kegiatan belajar dapat dilakukan dengan membaca buku teks atau buku ajar. Dalam
dunia pendidikan, aktivitas membaca merupakan suatu hal yang tidak bisa
ditinggalkan. Membaca merupakan suatu proses yang dilakukan serta
dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis
melalui media kata-kata atau bahasa tulis.
Kemampuan
membaca cepat itu disesuaikan dengan tujuan membacanya, aspek bacaan yang
digali (keperluan) dan berat ringannya bahan bacaan. Ada dua macam teknik
membaca cepat, yaitu teknik skimming dan scanning. Membaca skimming merupakan kegiatan membaca dengan tujuan menemukan ide pokok
dari suatu bacaan. Sedangkan membaca scanning merupakan kegiatan membaca yang bertujuan mencari informasi yang
diperlukan saja.
Dalam
pembelajaran skimming maupun scanning, kebiasaan buruk peserta didik yang melihat
kembali bacaan yang telah dibacanya ketika menjawab pertanyaan sering saja
terjadi. Peserta didik sering tergoda untuk membaca ulang (melompat mundur)
untuk memastikan apakah benar-benar telah melihat atau memahami kata yang telah
dibaca. Rendahnya kemampuan membaca cepat peserta didik di antaranya disebabkan
oleh kurangnya berlatih membaca dan kurang menguasai strategi membaca yang
efektif dan efisien.
DAFTAR
PUSTAKA
Harjasujana,
Ahmad Slamet. 1988.
Materi Pokok Membaca.
Jakarta: Universitas Terbuka.
Nurhadi.
2005. Membaca Cepat dan Efektif.
Bandung: Sinar Baru
Soedarso.
1999. Speed Reading: Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: Gramedia
Pustaka Utama.
Suhendar,
M.E. 1993. Efektivitas Metode Pengajaran Bahasa Indonesia. Bandung:
Pionir Jaya.
Wiryodijoyo, Suwaryono. 1989. Membaca: Strategi
Pengantar Dan Tekniknya. Jakarta: Depdikbud.
sangat membantu. thanks :)
BalasHapusPembahasan Tentang Direct-Indirect
BalasHapusTeknik Meningkatkan Kecepatan Membaca
3 Keterampilan Menghadapi Ujian
Pedaran Ngeunaan Biografi
Membaca Scanning dan Skimming
terimakasih sudah berbagi ilmu yang bermanfaat lewat artikel ini... pasti sangat membantu teman-teman yang lagi mencari referensi untuk mengerjakan tugas..
BalasHapusselain teknik Scanning, Membaca cepat juga bisa dilakukan dengan teknik skimming....
saya juga punya ulasan mengenai teknik membaca cepat...
kalau ada waktu jangan lupa berkunjung di Tugas dan materi Kuliah dan baca juga artikel "Membaca Scanning & Skimming ", siapa tahu bisa bermanfaat...
Agen Judi Bola Online
BalasHapusAgen Judi Casino Online
Agen Judi Sabung Ayam Online
Agen Judi Bola Tangkas Online